Mulailah Menggunakan Software yang Halal Bukan Bajakan

Menggunakan software bajakan / crack merupakan suatu tindakan yang ilegal. Namun hal ini justru menjadi hal yang lumrah di negri ini. Pasalnya minat para pengguna komputer mulai gencar untuk memburu software bajakan tersebut.
Saya mencoba melakukan survey dengan memanfaatkan layanan google trending, untuk mengetahui seberapa banyak minat pengguna software bajakan vs software gratis.

Coba lihat hasil survey saya melalui google trend.


Dengan memasukkan keyword untuk membandingkan 3 kata kunci yaitu : Software gratis (warna biru), software crack (warna merah) dan software full version (warna kuning). Ternyata keyword "software gratis" menempati posisi pertama.

Apakah hasil penulusuran diatas yang dimaksud benar-benar gratis ( open source)?
TERNYATA BUKAN!

Perhatikan keterangan lanjut dari gambar diatas, situs mana saja yang banyak dikunjungi dengan menggunakan keyword "software gratis"?
Hasil penelusuran dengan kata kunci tersebut menunjukkan bahwa minat para pengunjung lebih memilih software bajakan.

"Mohon maaf jika saya mencantumkan gambar tentang situs di atas, bukan berarti saya mau mencemarkan nama situs tersebut. Saya hanya memandang dan menilai secara objektif, bahwa memang software bajakan itu ILEGAL. Sehingga patut saya bahas disini karena saya ingin mengajak dan menyadarkan teman-teman agar jangan menggunakan perangkat lunak hasil oprekan."

Miris bukan? melihat bangsa ini yang gemar dengan mengoleksi perangkat lunak bajakan. Anda sendiri bisa melihatnya bahwa dengan kata pencarian "software gratis" sebenarnya yang diincar adalah software bodong alias bajakan dan hebatnya lagi meningkat sebanyak 250%.

Memang saya menyadari tidak mudah untuk lepas dari apa yang saya bahas ini, karena saya juga pernah memakai bahkan sampai sekarang ada beberapa yang masih terpasang di PC saya. Namun perlahan saya mencoba untuk beralih ke software yang benar gratis (open source). 

Software gratis yang saya maksud adalah perangkat lunak yang dapat digunakan  dan dibagikan oleh siapapun tanpa memiliki ijin dan tanpa harus membeli lisensinya.
Mungkin bagi yang belum tahu akan bertanya:
- Apa ada perangkat lunak yang benar-benar gratis dan bisa dijalankan secara penuh?
- Apakah software gratis sebagus software yang berbayar?

Jawabannya adalah ADA dan IYA.

Apa yang harus anda lakukan dengan software bajakan?

- Tinggalkan software bajakan, karena itu adalah perbuatan ilegal yang sudah pasti melanggar undang-undang. 
- Jika anda punya budget yang cukup, mulailah menggunakan software resmi dengan membeli lisensinya
- Jika anda tidak bisa menyisihkan uang untuk membeli sebuah lisensi terhadap perangkat lunak namun anda ingin mencicipinya maka gunakan saja mode trial nya.
- Coba mengenal software yang open source karena itu memang diperuntukkan bagi orang yang tidak ingin mengeluarkan recehan.

Melalui blog yang saya buat ini software-gratis.web.id , saya akan membantu teman-teman untuk menemukan software open source dan pastinya halal yang intinya bukan aplikasi hasil oprekan.
Blog ini baru memulai tahapan, jadi untuk sementara masih sedikit hanya beberapa software yang bisa saya suguhkan.

Apakah anda akan tetap menggunakan perangkat lunak ilegal?

Coba bayangkan jika anda sebagai orang yang membuat software tersebut. Anda membuatnya selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Dengan susah payahnya anda tuangkan banyak ide untuk pembuatan software tersebut. Ketika software anda  sudah jadi maka anda mematok harga untuk menjual software tersebut. 

Tapi nasib berkata lain, karena usil orang yang tidak bertanggung jawab mengoprek perangkat lunak anda untuk mendapatkan layanan full tanpa membeli. Maka anda kehilangan banyak pendapatan dari hasil penjualan perangkat lunak anda.
Bagaimana, layakkah peribahasa "kerja keras tidak akan pernah mengingkari hasil" ini di ungkapkan?

Jadilah orang yang memberi penghargaan kepada orang yang telah berusaha keras dalam membuat kreatifitas.

Silakan share untuk mengingatkan teman anda.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Peraturan berkomentar:
1. Komentar harus menggunakan bahasa yang baik jika tidak bisa dengan bahasa yang benar
2. Dilarang melakukan spam serta komentar yang tidak relevan
3. Dilarang menyertakan link aktif dan memuat unsur sara
Komentar akan dihapus jika tidak mematuhi 3 aturan di atas!

 

Copyright © 2015 Download Software Gratis | Halal Bukan Bajakan™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.